Mengenal Daeng Soetigna Yang Menjadi Google Doodle Hari ini

Mengenal Daeng Soetisna Yang Menjadi Google Doodle Hari ini
WacanaTekno - Saat membuka google hari ini Jumat, (13/05/2016) pengunjung akan menjumpai logo lelaki berkacamat dengan 2 anak sedang bermain angklung. Lebih tepat lelaki berkacamata tersebut adalah Bapak Daeng Soetigna yang lebih terkenal sebagai pencipta angklung diatonis.

Dikutip dari Wikipedia, Daeng Soetigna Lahir di Garut pada tanggal 13 Mei 1908. Karena kedua orang tuanya termasuk bangsawan Sunda, Pak Daeng Soetisna beruntung dapat menikmati pendidikan zaman Belanda yang saat itu masih sangat terbatas bagi kaum pribumi.

Pak Daeng pensiun sebagai pegawai negari sipil pada tahun 1964 (saat berumur 56 tahun). Dengan bebasnya dia dari tugas rutin sebagai pegawai pemerintah, maka Pak Daeng aktif mengembangkan angklung. Dia melatih di berbagai kelompok angklung seperti SD Soka, SD Santo Yusup, dan SD Priangan. Demikian pula perkumpulan ibu-ibu Militer maupun suster di gereja RS Borromeus. Atas jasa-jasanya, pada masa tuanya inilah Pak Daeng mulai memperoleh berbagai penghargaan, termasuk SATYA LENCANA KEBUDAYAAN dari Presiden RI.

Setelah pengabdiannya yang panjang dalam mengangkat musik angklung dari kelas pengemis ke kelas konser, Pak Daeng Soetigna wafat pada tanggal 8 April 1984, dan dikebumikan di Cikutra, Bandung.

Karya terbesar Pak Daeng Soetigna adalah memodifikasi Angklung yang tadinya bernada pentatonis menjadi diatonis. Angklung ini kemudian diberi nama kehormatan sebagai Angklung Padaeng. Selain itu, Pak Daeng juga seorang komposer yang telah menulis puluhan aransemen lagu angklung.

Sumber : google,kompasiana dan wikipedia

Subscribe to receive free email updates: